Jumat, 06 Januari 2012

pengenalan photoshop



Banyak orang yang memulai belajar Photoshop lebih suka untuk mencoba beberapa tutorial yang menarik terlebih dahulu. Sebut saja membuat efek Vintage, efek blur atau efek-efek  yang menarik lainnya. Padahal semua efek tersebut tidak akan mampu kita buat jika kita tidak mengetahui fungsi/kegunaan dariTool-tool dasar di Photoshop. Ingat sebuah bangunan yang megah sekalipun dibangun mulai dari dasar yang bagus.
Berangkat dari hal itulah di tulisan pertama saya ini, kita akan belajar bersama-sama untuk mengetahui dan mempelajari Tool-tool di Photoshop -terutama Tool Box- agar kita mudah untuk membuat sebuah karya yang bagus. Sebelum kita belajar fungsi atau kegunaanada baiknya kamu melihat gambar di bawah ini :
PENGENALAN TOOL BOX DI ADOBE PHOTOSHOP (PART-1)
gambar Tool Box Photoshop
Seperti yang kita lihat di gambar setelah keterangan terdapat karakter di dalam kurung yang merupakan tombol shortcut untuk memudahkan kita dalam memilihTool yang kita inginkan. Contoh jika kita ingin memilih Move Tool, daripada kita mengarahkan kursor mouse ke gambar, kita bisa mempercepatnya hanya dengan menekan tombol ‘V’ di keyboard kita.
Penjelasan fungsi Tool :
1. Move Tool (V), Memindahkan objek gambar
 Kegunaan : Dalam prakteknya move tool digunakan untuk memindahkan objek kita yang berada di layer,  tidak hanya satu objek tapi juga bisa beberapa objek, dengan cara seleksi beberapa objek dengan menekan tombol Shift + Klik untuk menambah objek yang akan kita pindahkan.
2. Rectangular Marquee Tool (M), Membuat seleksi persegi
Kegunaan : Dalam prakteknya Tool ini hanya untuk menyeleksi obyek dalam seleksi berbentuk persegi. Untuk melakukan seleksi yang bukan berbentuk persegi kita bisa menggunakan Polygonal Lasso Tool yang akan di jelaskan nanti.
3. Lasso Tool, Polygonal Lasso Tool, dan Magnetic Lasso Tool (L), Membuat seleksi dengan fungsi berbeda
Kegunaan : Mengapa saya meletakan 3 Tool diatas ?
Selain fungsinya yang hampir sama, letak ketiga Tool tersebut juga terletak di tempat yang sama. Kamu hanya perlu menahan klik mouse di tempat Tool-tooltersebut untuk merubah Tool-nya.
Walau memiliki fungsi/kegunaan yang hampir sama -menyeleksi objek-  sebenarnya mereka memiliki fungsi yang berbeda. Kamu bisa menggunakan Tool-tool tersebut sesuai dengan kebutuhanmu.
Untuk lebih jelasnya saya jelaskan sebagai berikut :Lasso Tool : Menyeleksi objek dengan cara menahan Klik mouse. Seleksi akan berjalan sesuai dengan gerakan mouse.
PolyGonal Lasso Tool : Menyeleksi Objek dimana hasil seleksi merupakan seleksi lurus.
Magnetic Lasso Tool : Hampir sama dengan lasso tool, Hanya saja anda tidak perlu menahan Klik untuk melakukan seleksi. Klik hanya digunakan pada titik awal seleksi dan titik akhir seleksi.
4.Magic Wand Tool (W), Menyeleksi gambar yang memiliki pixel warna yang sama
Kegunaan :  Jika kamu  ingin menyeleksi suatu objek yang memiliki pixel warna sama,  kamu tidak perlu susah payah menggunakan Lasso Tool, karena cukup dengan Tool ini kamu sudah bisa menyeleksi objek hanya dengan satu kali klik.
5. Eyedropper Tool (I), Mengambil sample warna pada suatu objek.
Kegunaan : Tool ini sering digunakan jika kita sudah mulai bekerja dengan melibatkan banyak objek. Dimana ada objek yang memiliki warna sama dengan objek lain.
6. Crop Tool (C) , Untuk memotong (Crop) suatu gambar
Kegunaan :  Tool ini biasanya digunakan untuk membuang bagian dari objek yang tidak kita perlukan.
Tool 1 – 5 yang telah kamu baca di atas merupakan Tool-tool seleksi yang mana akan sangat diperlukan jika kita ingin membuat/mengedit suatu photo. Untuk tulisan berikutnya kita akan mempelajari tool-tool lain yang ada di Tool box



Berkenalan dengan Tool Adobe Photoshop


Tak kenal maka tak sayang, begitulah peribahasa mengatakan… Maka, sebelum mulai belajar progam Adobe Photoshop kami anjurkan pembaca mengenali setiap fungsi tool-tool Photoshop karena sebenarnya di sinilah pondasi anda dibentuk. Jika pondasi kuat niscaya akan lebih mudah dalam pemahaman selanjutnya.
Perlu kami tekankan bahwa Adobe Photoshop memiliki tool-tool yang sangat banyak dan tidaklah mungkin kita menghafalkannya dalam beberapa menit, maka yang harus pembaca lakukan adalah membiasakan menggunakan tool-tool Photoshoptersebut dalam bentuk praktek secara langsung tanpa ada perasaan tertekan, karena belajarPhotoshop sesungguhnya tidak semata-mata mengandalkan teknik hafalan tetapi lebih cenderung ke imajinasi. Masalah jam terbang sangatlah penting dalam sebuah proses mempelajari tool-tooldasar Photoshop, semakin lama durasi waktu praktek anda maka semakin cepat pula anda menghafalkannya…
Berikut adalah area kerja Adobe Photoshop :
Keterangan :
a. Menu.
b. Tool Option Bar.
c. ToolBox.
d. Berbagai jenis palette seperti, history, action, brush option.
e. Navigation palette, color palette dan layer palette.
Fungsi setiap tool Adobe Photoshop :
Untuk penjelasan dari masing-masing fungsi Tool pada Adobe Photoshop, silahkan anda downloaddisini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar